Friday 3 April 2015

Artikel Metodologi Penelitian Teknik

NAMA : NUNING DITYA PUTRI
NIM      : D03112035

METODOLOGI PENELITIAN TEKNIK
PENGERTIAN
            Metodologi berasal dari kata metode yang berarti cara yang benar untuk melakukan sesuatu dan logos artinya ilmu dan pengetahuan. Jadi metodologi adalah cara yang tepat untuk melakukan sesuatu dengan pikiran secara seksama untuk mencapai suatu tujuan.
Jadi metodologi penelitian merupakan sekumpulan peraturan, prosedur, kegiatan yang digunakan oleh seorang pelaku suatu. Metodologi juga merupakan analisa secara teori mengenai suatu cara dan metode. Penelitian merupakan suatu penyelidikan yang sistematis atau berurutan untuk meningkatkan sejumlah  pengetahuan,dan juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah yang memerlukan jawaban secara jelas.
Penelitian sering diartikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan tekun, aktif dan sisteimatik, yang bertujuan untuk menemukan, menganalisis, dan menemukan fakta-fakta. Penyelidikan ini menghasilkan suatu pengetahuan yang lebih mendalam mengenai suatu  tingkah laku, peristiwa, hukum dan teori, serta membuka peluang bagi penerapan praktis dari  pengetahuan tersebut. Istilah ini  digunakan untuk menjelaskan suatu penemuan-penemuan informasi menyeluruh mengenai suatu subyek, dan biasanya dikaitkan dengan hasil dari suatu ilmu atau metode ilmiah. Penelitian itu sendiri berasal dari kata bahasa inggris yang terdiri dari dua kata re yang berarti lagi atau kembali dan search yang berarti mencari atau menguji secara cermat dan hati-hati. Secara bersama-sama dua kata tersebut(research) berarti studi atau penyelidikan yang dilakukan secara sabar, hati-hati, dan sistematis dalam satu bidang pengetahuan yang dilakukan untuk menemukan fakta.
disiplin ilmu.

·           Adapun tujuan Penelitian adalah merupakan  penemuan, pembuktian dan pengembangan suatu ilmu pengetahuan.
 1.Penemuan.
 Data yang didapat dari penelitian merupakan data-data yang  baru yang belum pernah diketahui.

 2.Pembuktian.
 Data yang didapat dari penelitian digunakan untuk membuktikan adanya keraguan terhadap informasi tertentu yang telah didapat.

3.Pengembangan.
 Data yang didapat digunaan untuk mengembangkan dan menganalisa informasi yang telah ada.


·         Kegunaan penelitian yaitu digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah.
1.      Memahami masalah.
 Data yang didapat dari penelitian digunakan untuk memperjelas suatu masalah atau informasi yang tidak diketahui dan selanjutnya diketahui.
2.      Memecahkan masalah.
 Data yang didapat dari penelitian digunakan untuk meminimalkan atau menyelesaikan masalah
3.      Mengantisipasi masalah.
 Data yang didapat dari penelitian digunakan untuk mengupayakan agar masalah tersebut tidak terjadi atau menghindari agar masalah tersebut tidak terjadi.

Beberapa pandangan metodologi penelitian secara khusus menurut para ahli yaitu:

1.         METODE PENELITIAN HISTORIS
Menurut Jack. R fraenkel dan Norman E Wallen (1990 : 411) dalam Yatim Rianto (1996:22) dalam Nurul Zuriyah (2005: 51) metode penelitian sejarah adalah penelitian yang secara fokus kepada masa lalu sedangkan menurut Donald Ary.dkk (1980) dalam yatim Rianto (1996:22) dalam Nurul Zuriyah (2005:51) metode penelitian sejarah adalah penelitian untuk mendapatkan dan menetapkan fakta dan hingga membuat kesimpulan hal-hal masa lalu.

2.         METODE PENELITIAN SURVEY
Meniurut Zikmund (1997) metode penelitian survey adalah satu bentuk teknik penelitian dimana informasi di kumpulkan dari sejumlah contoh berupa seseorang, melalui pertanyaan-pertanyaan.

3.         METODE PENELITIAN KUANTITATIF
Menurut Jonathan Sarwono metode penelitian kuantitatif atau naturalistik adalah penelitian ilmiah yang terpapar secara sistematis terhadap bagian dan fenomena dan juga hubungan-hubungannya.

4.         METODE PENELITIAN EKSPERIMEN
Menurut Arikunto metode penelitian eksperimen yaitu, suatu cara untuk mencari hubungan sebab dan akibat diantara dua faktor yg sengaja ditimbulkan oleh seorang peneliti dengan mengurangi atau mengeliminasi dan atau menyisihkan faktor faktor lain yang mengganggu.

5.         METODE PENELITIAN NATURALISTIK
Bog dan Tylor dalam Moleong  metode penelitian naturalistik adalah merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.

6.         METODE PENELITIAN DESKRIPTIF
Menurut Suharsimi Arikunto metode penelitian deskriptif, atau biasa disebut juga penelitian taksonomik yaitu, prosedur penelitian  yang tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tapi hanya menggambarkan suatu variabel, keadaan, atau gejala.

7.         METODE PENELITIAN TINDAKAN
Menurut Kemmis metode penelitian tindakan yaitu  suatu penelitian kolektif dan reflektif  yang dilakukan peneliti dalam situasi social untuk meningkatkan penalaran praktik sosial, dan menurut Kemmis dan Taggar dalam Zuriyah  metode penelitian tindakan yaitu suatu bentuk tindakan reflektif diri secara kolektif yang dilakukan peneliti dalam situasi sosial untuk meningkatkan  nalar dan keadilan praktek pendidikan sosial, serta pemahaman mengenai praktek dan terhadap situasi tempat dilakukan praktek tsb.

Macam macam penelitian secara umum  digolongkan sebagai berikut :
 1.         Menurut bidangnya : penelitian sejarah, penelitian pendidikan, penelitian ilmu teknik, penelitian bahasa, penelitian ekonomi dan sebagainya.
2.         Menurut tempatnya : penelitian perpustakaan, penelitian laboraturium dan lain lain
3.         Menurut pemakainnya : penelitian murni  dan penelitian terpakai
4.         Menurut tujuan umumnya : penelitian devolpmental, ekploratif, dan veririkatif
5.         Menurut tarafnya : penelitian inferensial dan deskriptif
6.         Menurut pendekatannya : penelitian longitudinal dan cross-sectional.



Sumber : http://www.slideshare.net/wlucy1/metode-penelitian-27122596


1 comment:

  1. How to make money from gambling - WorkMaker Money
    How to make money from หาเงินออนไลน์ gambling. The easiest way to make money from online septcasino gambling. Learn about it in this article, plus our tips for 메리트카지노 betting.

    ReplyDelete