Sunday 5 April 2015

METODOLOGI PENELITIAN TEKNIK


Oleh :

Rahadi   ( D03112067 )


Teknik Informatika
Fakultas Teknik
Universitas Tanjungpura
Pontianak
2015




BAB I
PENDAHULUAN

                Kegiatan penelitian saat ini banyak dilakukan oleh berbagai bidang, baik oleh instansi  pendidikan seperti perguruan tinggi, pemerintahan maupun oleh swasta. Demi mendukung kegiatan penelitian ini, di Indonesia sekarang telah berdiri suatu wadah sebagai pusat untuk melakukan kegiatan penelitian yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang dibentuk pada tahun 1967.
                Penelitian ilmiah ini dilakukan untuk mencari jawaban dari permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari kegiatan penelitian seperti karya ilmiah bisa disajikan dalam berbagai bentuk seperti, buku-buku ilmiah, makalah, laporan penelitian atau karya ilmiah lainnya yang dipublikasikan.
                Para peneliti dan pihak akademisi terutama yang bernaung dalam perguruan tinggi ditantang untuk terus melakukan penelitian sebagai salah satu tugas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping proses pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat. Diantara visi dan misi ilmiah akademisi di perguruan tinggi yaitu menuangkan gagasan dan pemikirannya ke dalam bentuk publikasi karya ilmiah dari produk penelitian. Publikasi karya ilmiah pada tingkat nasional dan internasional menjadi suatu tolak ukur kualitas dan keunggulan penelitian itu dalam memberikan sumbangan ilmu pengetahuan bagi masyarakat.

I.1. Pengertian Metodologi dan Penelitian

                Metodologi penelitian merupakan beberapa bentuk dari suatu peraturan, kegiatan, dan  prosedur yang dipakai oleh pelaku suatu disiplin ilmu. Metodologi juga merupakan suatu analisis yang teoritis mengenai cara atau metode.

                Metodologi  berasal dari kata metode yang artinya cara yang tepat untuk melakukan sesuatu dan logos yang artinya ilmu atau pengetahuan. Jadi metodologi adalah cara untuk melakukan sesuatu dengan menggunakan pikiran secara seksama untuk mencapai suatu tujuan.

                Penelitian merupakan suatu proses penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan, dan juga merupakan suatu usaha yang sistematis serta terorganisasi menggunakan metode ilmiah dengan prosedur untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban yang logis. Hakekat dari penelitian dapat dipahami dengan mempelajari berbagai aspek yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian. Masing-masing orang memiliki motivasi yang berbeda antara satu dengan lain, di antaranya dapat dipengaruhi oleh profesi dan tujuan yang hendak dicapai. Motivasi serta tujuan dari penelitian secara umum pada dasarnya adalah sama, yaitu bahwa penelitian adalah merupakan suatu refleksi dari keingintahuan manusia akan sesuatu. Keinginan untuk mendapatkan dan mengembangkan pengetahuan merupakan kebutuhan dasar manusia yang pada umumnya menjadi motivasi untuk melakukan penelitian.

                Penelitian sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan tekun, aktif dan sistimatik, yang mempunyai tujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi suatu fakta-fakta yang ada sebelumnya. Hasil dari penyelidikan intelektual ini berupa suatu pengetahuan yang lebih mendalam mengenai suatu teori, tingkah laku, peristiwa, dan hukum, serta membuka peluang bagi penerapan praktis dari  pengetahuan itu sendiri. Istilah ini sering juga dipakai untuk menjelaskan suatu koleksi informasi menyeluruh mengenai suatu subjek tertentu dan juga sering dihubungkan dengan hasil dari suatu ilmu atau metode ilmiah.

                Penelitian sendiri berasal dari kata bahasa inggris yang terdiri dari dua kata re yang berarti lagi atau kembali dan search yang berarti mencari atau menguji secara cermat dan hati-hati untuk mencoba atau membuktikan. Secara bersama-sama dua kata tersebut (research) berarti studi atau penyelidikan yang dilakukan secara cermat, hati-hati, sistematis dan sabar dalam bidang pengetahuan tertentu yang dilakukan untuk menemukan prinsip atau fakta.

                Penelitian terdiri atas beberapa tahapan yang saling terkait antara satu dengan yang lain. dimana tahapan tersebut pada umumnya terdiri dari :
  1.  Identifikasi masalah
  2. Perumusan masalah
  3. Penelusuran pustaka
  4.  Rancangan penelitian
  5. Pengumpulan data
  6. Pengolahan data
  7.  Penyimpulan hasil

I.2. Pengertian Metodologi Penelitian

                Metodologi merupakan suatu formula dalam penerapan penelitian dimana dalam melakukan penelitian tersebut terdapat langkah-langkah dan juga hasil dari penelitian. Sedangkan metodologi penelitian dalam ilmu komputer/sistem informasi/teknologi informasi merupakan langkah-langkah/tahapan perencanaan dengan bantuan beberapa metode, teknik, alat (tools) dan
dokumentasi yang bertujuan untuk membantu peneliti dalam meminimalkan resiko kegagalan dan menekankan pada proses/sasaran penelitian di bidang CS/IS/IT.

                Langkah-langkah dalam metodologi penelitian sebaiknya disesuaikan dengan prosedur, metode, tools dan lain sebagainya. Hal ini dapat membantu dalam memecahkan permasalahan yang ada dan juga membantu dalam mengontrol, menangani, dan mengevaluasi proses riset/penelitian.
                Metodologi dapat juga disebut sebagai penelitian ilmiah yang sistematis, maupun penelitian yang didasarkan pada suatu teori yang sudah ada. Metodologi penelitian dapat diartikan suatu  pemahaman terhadap metode-metode penelitian dan teknik-teknik penelitian. Metodologi penelitian tersebut memuat pengetahuan yang mengkaji mengenai metode yang digunakan dalam penelitian.
                Metodologi terdiri dari fase-fase dan subfase yang akan membimbing peneliti dalam memilih metode, prosedur dan teknik apa yang tepat serta tools yang akan digunakan sehingga setiap tahapan penelitian dilakukan dengan tepat. Metodologi juga dapat membantu peneliti dalam merencanakan, mengontrol, mengolah dan mengevalusi setiap kemajuan. Metodologi dapat dikontrol dengan metode gantt chart dengan tiga prosedur pengumpulan data dengan cara seperti survey dan observasi serta wawancara langsung dengan menggunakan tools berupa type recorder atau berupa model sistem dengan menggunakan visio.

                Metodologi Penelitian adalah strategi umum yang dianut dalam pengumpulan data yang dibutuhkan untuk menjawab persoalan yang ada. Metodologi Penelitian dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :
  1.  Metode Sejarah
  2. Metode Deskriptif
  3. Metode Eksperimental
  4. Metode Grounded Research
  5. Metode Penelititan Tindakan


I.2.1. Metode Sejarah

                Penelitian menggunakan metode sejarah adalah penyelidikan yang kritis terhadap kondisi keadaan dan perkembangan serta pengalaman dimasa lalu dan menimbang secara cukup teliti dan hat-hati tentang bukti validitas dari berbagai sumber, serta interprestasi dari sumber keterangan tersebut. Ciri khas metode sejarah adalah sebagai berikut :
  1. Metode sejarah lebih banyak menggantungkan diri pada data yang diamati orang lain dimasa lampau.
  2. Data yang digunakan lebih banyak bergantung pada data primer dibandingkan dengan data sekunder, bobot data harus kritis baik secara internal maupun secara eksternal.
  3. Metode sejarah mencari data secara lebih tuntas serta menggali informasi yang tua yang tidak diterbitkan ataupun yang tidak dikutip dalam bahan acuan yang standar.
  4. Sumber data harus dinyatakan secara definitive, baik nama pengarang/penulis, waktu dan tempat.

Menurut David H Penny, penelitian merupakan pola pikir yang sistematis mengenai berbagai jenis masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta-fakta yang ada.

I.2.2. Metode Deskriptif
                Metode Penelitian Deskriptif adalah pencarian fakta dan interprestasi yang tepat.  Penelitian deskriptif mempelajari berbagai masalah dalam masyarakat beserta situasi dan kondisi, juga tentang hubungan, sikap, pandangan, kegiatan dan proses yang sedang berlangsung dengan pengaruh-pengaruh dari suatu fenomena. Penelitian deskriptif dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :
  1. Metode Survei
  2. Metode deskriptif berkesinambungan (continuity descriptive)
  3.  Penelitian Studi Kasus
  4.  Penelitian Analisis pekerjaan dan aktivitas
  5. Penelitian tindakan (action research)
  6. Penelitian perpustakaan  dan dokumenter

I.2.3. Metode Eksperimental

                Eksperimental merupakan observasi dibawah kondisi buatan (artifical condition)  dimana kondisi tersebut dibuat dan diatur oleh peneliti. Dengan demikian maka penelitian Eksperimental adalah penelitian yang dilakukan dengan mengadakan manipulasi terhadap objek penelitian serta adanya kontrol.

                Tujuan dari penelitian ekperimental yaitu untuk menyelidiki ada tidaknya hubungan sebab akibat berapa besar hubungan sebab akibat  tersebut dengan cara memberikan perlakuan-perlakuan tertentu pada beberapa kelompok eksperimental dan menyediakan kontrol untuk perbandingan.
Ada dua hal yang membedakan antara metode eksperimental dengan metode deskriptif yaitu:
  1. Pada metode eksperimental terdapat kontrol, namun pada metode deskriptif tidak, kontrol ini dapat merupakan manipulasi fisik, seperti penggunaaan cara dan  alat  maupun kontrol dengan cara mengadakan seleksi terhadap materi maupun objek penelitian.
  2. Pada metode eksperimental ini peneliti mengadakan manipulasi variable, sedangkan metode deskriptif, variable yang diteliti berada dalam keadaan sebagaimana adanya, pada metode eksperimental  objek diatur terlebih dahulu untuk diadakan perlakuan, sedangkan pada metode deskriptif sifatnya adalah ex post facto.

Menurut Hadi A dan Haryono, penelitian adalah suatu cara untuk memahami sesuatu melalui penyelidikan atau usaha untuk mencari  fakta-fakta yang muncul sehubungan dengan masalah yang diteliti yang dilakukan secara hati-hati sehingga diperoleh pemecahanya.

I.2.4. Metode Grounded Research

                Metode  yang dicetuskan oleh Glasser dan Strauss (1967)- adalah lawan dari penelitian secara verifikasi.

                Nazir (2005: 74) mengatakan bahwa Metode Penelitian Grounded Research adalah suatu metode penelitian yang mendasarkan diri pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan bertujuan mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori dan mengembangkan teori dimana pengumpulan data dan analisis data berjalan pada waktu yang bersamaan.
                Tujuan Grounded Research adalah untuk mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep, membuktikan dan mengembangkan teori. Adapun langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam grounded research adalah sebagai berikut :
  1. Menentukan masalah yang diteliti
  2.  Mengempulkan data yang dibutuhkan
  3. Menganalisis dan menjelaskan data yang terkumpul
  4.  Membuat laporan penelitian

Sugiyono mengemukakan, penelitian adalah suatu proses penyelidikan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan untuk memperoleh fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan sabar dan hati-hati serta sistematis.

I.2.5. Metode Penelititan Tindakan

                Metode Penelitian Tindakan (Action Research) adalah suatu penelitian yang dikembangkan bersama-sama antara peneliti dan decision maker tentang variable-variable yang dapat dimanipulasikan dan segera digunakan untuk menentukan kebijakan dan perkembangan.
Tujuan Penelitian tindakan:
  1. Untuk memperoleh keterangan yang objektif dalam rangka membenarkan kebijakan atau kegiatan yang telah dibuat.
  2. Untuk memberikan keterangan yang dapat digunakan sebagai dasar untuk kegiatan dan tindakan yang akan datang.
  3.  Untuk memberikan penundaan aksi, pengambilan tindakan atau tidak  sama sekali.
  4. Untuk menstimulasikan pekerja-pekerja pelaksanaan program ke arah yang lebih dinamis.

Arikunto S berpendapat penelitian adalah suatu upaya untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S., 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pengantar Praktik, Jakarta:
Rineka Cipta.
                Hadi, A. dan Haryono, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung:
Pustaka Setia.
            Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

            Nazir, 2005, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

No comments:

Post a Comment