Thursday 2 April 2015

Metode Penelitian Teknik Informatika



Nama   : Lian Ardiani
NIM    : D03112025

METODOLOGI PENELITIAN

·         Definisi Penelitian
Penelitian merupakan suatu proses mencari secara sistematis dalam waktu yang relatif  lama dengan menggunakan aturan-aturan yang ada. Menurut Dawson, penelitian merupakan aktivitas dalam mempertimbangkan, dimana bertujuan untuk membuat konstribusi asli dalam pengetahuan. Penelitian merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kebenaran realitas kebenaran ini dikenal dengan kebenaran ilmiah karena salah satu cara untuk menemukan kebenaran adalah melalui penelitian ilmiah, sehingga munculah terminologi kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah sendiri yang dapat dipertanggungjawabkan adalah kebenaran yang diperoleh melalui pengkajian ilmiah. Penelitian yang dihasilkan juga memberikan kontribusi terhadap ilmu pengetahuan. Secara umum penelitian dibagi menjadi penelitian kuantitatif serta penelitian kualitatif. Penelitian secara kuantitatif adalah penelitian yang prosesnya dari deduktif ke induktif yang memerlukan banyak data dan juga dalam penelitian kuantitatif memiliki instrumen atau teknik penelitian sepeti kuesioner dan instrumen lainnya serta penelitian secara kuantitatif menggunakan teknik pengujian hipotesa statistik. Pada pengujian secara kualitatif menggunakan proses penelitian induktif dengan hanya satu obyek penelitian dan intrumennya adalah peneliti itu sendiri yang bertujuan untuk eksplorasi, teknik pengujian hipotesa secara kualitatif adalah pengujian non-statistik.

o   Tujuan penelitian
Penelitian memilliki tujuan dimana untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dengan cara menguji , mengembangkan dan menemukan teori atau metode. Hal-hal seperti diatas harus diingat sebagai tujuan dari suatu penelitian, membangun software ataupun sistem bukan tujuan utama penelitian.




·         Metodologi, Metode, Teknik Penelitian
o   Metodologi Penelitian
Metodologi penelitian dapat dipahami sebagai pembelajaran ilmiah bagaimana penelitian diselesaikan secara ilmiah. Sering kali kata metodologi digunakan sebagai sinonim dari kata metode. Metodologi merupakan suatu kumpulan metode yang digunakan untuk melakukan suatu penelitian. Metodologi adalah teori dari suatu metode. Metode dapat diartikan sebagai cara bagaimana untuk berpikir, dengan demikian metodologi penelitian dapat diartikan sebagai pemahaman-pemahaman metode-metode penelitian dan teknik-teknik penelitian.

o   Metode Penelitian / Cara Penelitian dan Teknik Penelitian
Tahapan atau metode dalam metodologi penelitian dikenal dengan metode. Metode penelitian merupakan tahapan dan instrumen yang digunakan untuk memilih dan menyusun teknik penelitian. Dalam metode penelitian ada berbagai teknik penelitian, teknik penelitian merupakan tahapan tahapan dan intrumen yang digunakan dalam aktivitas penelitian dalam melakukan pengujian atau menemukan teori antara lainnya sebagai berikut :
1.      Action Research yaitu penerapan penelitian yang dilakukan dengan berfokus pada tindakan sosial.
2.      Experiment yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara dimana dapat dilakukan di laboratorium ataupun di lingkungan sebenarnya dengan cara simulasi.
3.      Case Study yaitu penelitian yang bersifat penekanan dalam kasus-kasus yang spesifik.
4.      Survey yaitu penelitian yang dilakukan dengan melakukan pengajuan pertanyaan tertulis atau yang dikenal dengan kuisioner ataupun dengan cara wawancara.

·         Orisinilitas Penelitian
Dawson berpendapat bahwa orisinilitas pada penelitian terdapat pada metode dan masalah yang dihadapi berikut penjelasannya :
o   Orisinilitas pada Metode :
Orisinilitas pada metode adalah memecahkan masalah orang lain yang sudah pernah dikerjakan tetapi dengan cara atau metode yang berbeda. Dalam melakukan penelitian yang menggunakan teknik yang sama mungkin bisa sama dengan penelitian lain , tetapi metode penelitiannya pastilah tidak sama.

o   Orisinilitas pada Masalah:
Orisinilitas pada masalah adalah memecahkan masalah yang orang lain belum pernah mengerjakan sebelumnya.

·         Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Teknik Informatika
Sama seperti dalam definisi penelitian, penelitian bermaksud untuk mendapatkan atau bertujuan untuk pencapaian kebenaran realitas, dan kualitas dari suatu penelitian akan tampak melalui konstribusi dalam pemecahan masalah yang dihadapi. Dalam melakukan penelitian dikenalnya metodologi penelitian . metodologi penelitian sudah diketahui merupakan kumpulan-kumpulan dari metode guna dalam penelitian, berbagai jurnal dalam ilmu komputer atau informatika menggunakan berbagai metode, dalam penelitian pada metode-metode di ilmu komputer terlihat bahwa penelitian di bidang ini dapat diketahui penelitian berfokus pada metode penelitian dan berfokus pada bidang area penelitian.

o   Tahapan Penelitian
Pada dasarnya tahapan penelitian adalah sebagai berikut :
1.      Identifikasi masalah
2.      Perumusan hipotesis
3.      Pengujian hipotesis dan analisis
4.      Kesimpulan
Mengingat kembali mata kuliah yang sudah kita pelajari sudah menunjukan satu bidang ilmu dimana berguna dalam menentukan teori, model serta metode. Pada tahapan penelitian ada beberapa kiat-kiat  yang dapat dilakukan agar dapat melakukan penelitian dalam ilmu komputer atau informatika.
·         Memahami gaya dalam melakukan penelitian pada bidang komputer
Gaya penelitian dalam bidang komputer terbagi menjadi dua yaitu gaya Computer Science (CS) dan gaya Information System (IS). CS berhubungan dengan karakteristik penelitian yang berhubungan dengan perbaikan metode sedangkan IS lebih kepada interaksi teknologi terhadap sosial.

·         Menghasilkan tulisan yang baik
Untuk menghasilkan tulisan yang baik dimana harus dapat mengikuti alur-alur sebagai berikut:
1.      Obyek Penelitian
2.      Metode-metode yang ada
3.      Kelebihan dan kelemahan metode yang digunakan
4.      Masalah pada metode yang dipilih
5.      Solusi perbaikan metode
6.      Rangkuman tujuan penelitian


Referensi :
Susanto, Rudi. “Materi Metodologi Penelitian Teknik Informatika” 16 Juni, 2014.Surakarta.
https://rudist.wordpress.com/2014/06/16/materi-metodologi-penelitian-teknik-informatika/

No comments:

Post a Comment