Sunday 5 April 2015

Metodologi Penelitian

Nama    : Suti Kurnia Dewi
Nim       : D03112063

Metode
Metode dapat diartikan sebagai kerangka yang dijadikan acuan dalam melakukan suatu pekerjaan atau sebuah pola pikir yang digunakan untuk menjadi penyusun dan pengarah gagasan yang berhubungan dengan maksud serta tujuan yang akan dicapai nantinya.
Pada dasarnya metode sangatlah diperlukan untuk melakukan sebuah penelitian , agar nantinya penelitian yang dibuat dapat terarah sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. dalam melakukan sebuah penelitian , diperlukan adanya perumusan metodologi penelitian.

Metodologi
Asal kata Metodologi  adalah metodos dan logos , artinya ilmu dari metode. Metodelogi dapat diartikan sebagai penguraian cara-cara dalam meneliti  saat melakukan penelitian.  Metedologi juga dapat diartikan sebagai suatu formula yang dugunakan dalam penerapan penelitian dimana didalam melakukan penelitian tersebut ada tahap-tahap serta hasil dari peneltitian. Dalam ilmu komputer atau sistem informasi atau tekhnologi informasi metodologi merupakan langkah-langkah ataupun tahapan dari perncanaan dengan bentuan beberapa metode , teknik , alat, serta dokumentasi dengan tujuan untuk membantu dalam meminimalisir resiko kegagalan dan menekan pada proses/sasaran penelitian di bidag tersebut.
Langkah-langkah dalam metode penelitian akan lebih baik jika disesuaikan dengan metode , prosedur, alat, dan lain-lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk membantu dalam memecahkan permsalahan yang ada serta membantu dalam menangani, mengontrol , dan mengevaluasi proses dlam penelitian itu.
Metodologi penelitian dapat berupa pemahaman terhadap metode-metode penelitian serta pemahaman teknik-teknik penelitian. Berisi pengetahuan yang mengkaji mengenai motode yang digunakan dalam penelitian.
Metodologi dapat dikontrol dengan menggunakan gantt chart. Pada Gantt chart, sebuah project atau aktifitas digambarkan dalam grafik batang yang terintegritasi dengan waktu dimulai sampai diakhiriya sebuah project.
Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan  menggunakan metodologi , antara lain sebagai berikut:
a.       Membuat penggunannya lebih paham , bertanggung jawab , comfortible , dan responsible
b.      Menambah pengetahuan bagi penggunanya dan lebih berargumen karena selalu berdasarkan fakta
c.       Dapat lebih banyak memaparkan gambaan berupa saran , ide maupun masukan-masukan

Penelitian
Istilah lain dari penelitian adalah riset. Riset berasal dari bahasa nggris research, research yang berasal dari kata re  yang berarti “kembali”  serta search yang berarti “mencari”. Berdasarkan asal kata tersebut, penelitian (“mencari kembali “ ) dapat diartikan sebagai pencarian fakta-fakta baru kemudian mengembangkannya agar dapat menjadi sebuah teori yang dapat memperdalam maupun memperluas ilmu pengetahuan dalam bidang tertentu. Penelitian sediri didasari oleh rasa keingintahuan yang dimiliki oleh peneliti yang kemudian mendorongnya untuk memperoleh pengetahuan baik itu untuk memperdalam maupun memperluas ilmu yang tengah ditekuninya.
Dari pengertian-pengertian yang telah dibahas diatas , dapat disimpulkan  bahwa metode penelitian merupakan cara yang digunakan untuk mencapai langkah-langkah penelitian , sedangkan metedologi penelitian adalah langkah-langkah yang ada dalam penelitian tersebut.

Ciri-ciri Penelitian
Ada beberapa ciri penelitian , diantaranya yaitu :
1.  Bersifat ilmiah, maksudnya ialah selalu mengikuti prosedur dan menggunakan bukti yang meyakinkan dalam bentuk fakta yang diperoleh secara objektif.
2.      Penelitian merupakan proses yang berjalan terus-menerus dan berkesinambungan, karena hampir semua hasil penelitian dapat disempurnakan.
3.    Memberikan kontribusi, maksudnya adalah penelitian harus memiliki unsur kontribusi atau nilai tambah terhadap penelitian sebelumnya. Sehingga harus ada hal baru yang ditambahkan dalam sebuah penelitian ilmu pengetahuan  yang ada.
4.   Analitis, yaitu suatu penelitian yang dilakukan harus dapat dibuktikan dan diuraikan dengan menggunakan metode ilmiah dan ada hubungan sebab  akibat antar variabel-variabelnya.

Syarat Penelitian
Dalam melakukan sebuah penelitian, ada tiga syarat penting yang harus dipenuhi, diantaranya adalah :
1.      Sistematis, maksudnya adalah , penelitian yang dilakukan harus mengikuti pola-pola tertentu, mulai dari hal yang paling sederhana sampai ke hal yng paling kompleks dengan susunan yang tepat sehingga tujuan dapat tercapai secara afektif serta efisien.
2.      Terencana, maksudnya penelitian dilakuakn karena adanya unsur kesengajaan serta sebelumnya telah terkonsep langkah-langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikannya. 
3.      Mengikuti konsep ilmiah, maksudnya yaitu mulai awal hingga akhir kegiatan penelitian megikuti langkah-langkah yang sudah ditentukan atau ditetapkan yaitu dengan prinsip yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan.

Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian antara lain:
1.    Eksploratif (penjajagan) ialah penelitian yang bertujuan untuk menemukan suatu pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah ada.
2.    Verifikatif (pengujian) ialah suatu penelitian yang tujuannya untuk melakukan pengujian terhadap teori ataupun hasil penelitian sebelumnya, sehingga akan diperoleh hasil yang dapat menggugurkan atau memperkuat teori atau  hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.
3. Development (pengembangan) ialah suatu penelitian yang tujuannya mengembangkan, menggali dan memperluas lebih dalam sebuah masalah atau teori keilmuan menjadi lebih dalam sebagai sarana dalam memecahkan berbagai persoalan  dalam masyarakat.
Kegunaan penelitian dapat dipergunakan untuk memahami masalah, memecahkan masalah, dan mengantisipasi masalah.

  1. Memahami masalah. Data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk memperjelas suatu masalah atau informasi yang tidak diketahui dan selanjutnya diketahui.
  2. Memecahkan masalah. Data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk meminimalkan atau menghilangkan masalah.
  3. Mengantisipasi masalah. Data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk mengupayakan agar masalah tersebut tidak terjadi.
Referensi
Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi oleh Zainal Hasibuan, 2007
penelitianteknik.blogspot.com diakses pada 3 April 2015
https://fhata.wordpress.com/2012/04/26/gantt-chart-pengertian-keuntungan-kerugian-pipeline-pengertian-instruksi-hazzard/ diakses pada 3 April 2015
https://vivixtopz.wordpress.com/modul-kuliah/metodologi-penelitian/sistematika-metodologi-penelitian/ diakses pada 3 April 2015
http://rinawssuriyani.blogspot.com/2013/04/pengertian-metode-dan-metodologi.html diakses pada 3 April 2015

No comments:

Post a Comment