Friday 3 April 2015

METODOLOGI PENELITIAN

NIM : D03112021
NAMA : TRY WAHYUDINATA


METODOLOGI PENELITIAN

Metode
Secara harfiah metode (method) memiliki arti cara. Disamping itu metode berasal dari bahasa Greek, Metha, (melewati atau melalui), dan hodos (jalan atau cara), jadi metode bisa berarti jalan atau cara yang harus di lalui untuk mencapai tujuan tertentu. Metode adalah suatu prosedur atau cara yang ditempuh untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Metodologi
Kebanyakan orang yang menyamakan istilah antara metode dan metodologi, padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Tentang perbedaan tersebut, Noeng Muhadjir menyebutkan bahwa metodologi penelitian membahas konsep teoritik dari berbagai metode, baik kelebihan serta kekurangannya dalam kajian ilmiah, yang selanjutnya dilanjutkan dengan pemilihan metode-metode yang terbaik untuk digunakan. Sedangkan metode penelitian mengemukakan/menjelaskan secara teknis tentang metode-metode yang akan digunakan dalam penelitiannya.

Singkatnya, kita dapat mendefenisikan metodologi sebagai suatu pengetahuan tentang metode-metode yang akan dipergunakan dalam sebuah penelitian. Sedangkan metode adalah prosedur atau cara yang akan ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu ada satu istilah lain yang erat kaitannya dengan dua istilah ini, yakni teknik, yaitu cara yang lebih spesifik dalam memecahkan suatu masalah tertentu yang ditemukan selama melaksanakan prosedur.

Metodologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu metodos dan logos. Kata metodos terdiri dari dua suku kata metha dan hodos, metha yang berarti melewati / melalui dan hodos yang berarti jalan / cara. Metode berarti suatu jalan atau cara yang dilalui untuk mencapai suatu tujuan. Logos memiliki arti ilmu. Metodologi adalah ilmu-ilmu/cara yang digunakan untuk memperoleh suatu kebenaran dengan menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan suatu kebenaran, tergantung pada realitas yang dikaji.



Metodologi Penelitian
Metodologi penelitian adalah sekumpulan aturan-aturan, kegiatan, serta prosedur yang digunakan oleh pelaku disiplin ilmu. Metodologi juga merupakan suatu tindakan analisis teoritis mengenai suatu metode atau cara. Penelitian merupakan suatu penyelidikan secara sistematis guna meningkatkan pengetahuan, selain itu juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisir yang digunakan untuk menyelidiki suatu masalah tertentu yang memerlukan jawaban serta penjelasan ilmiah. Hakekat dari penelitian adalah dapat dipahami / dimengerti dengan mempelajari berbagai aspek-aspek yang mendorong suatu penelitian untuk dilakukan. Masing-masing orang pasti memiliki motivasi yang berbeda-bede, di antaranya dipengaruhi oleh suatu tujuan dan profesi masing-masing. Motivasi dan tujuan dari penelitian secara umum pada dasarnya sama, yaitu bahwa penelitian merupakan ekspresi dari keinginan manusia yang akan selalu berusaha untuk mengetahui sesuatu. Keinginan untuk memperoleh pengetahuan dan mengembangkannya merupakan kebutuhan dasar dari manusia yang pada umumnya menjadi motivasi untuk melakukan penelitian.

Jenis Penelitian
Menurut Sugiyono (2002), jenis penelitian dapat dibagi dalam beberapa kelompok, yakni menurut tujuan, pendekatan, tingkat eksplanasi dan jenis data. Berdasarkan tujuannya, dibagi atas penelitian murni dan penelitian terapan. Berdasarkan pendekatannya, dibagi atas survey, Ex Post Facto, eksperimen, policy research,  naturalistik, action research, evaluasi serta sejarah. Berdasarkan tingkat eksplanasinya, dibagi menjadi deskriptif, komparatif serta assosiatif. Sedangkan berdasarkan jenis datanya, dibagi menjadi kuantitatif, kualitatif dan gabungan keduanya.

Masalah Penelitian
Masalah penelitian adalah alasan utama mengapa penelitian harus dilakukan. Reviewer jurnal nasional maupun internasional menjadikan “masalah penelitian“ sebagai parameter utama proses review sebuah jurnal penelitian. Masalah penelitian haruslah objektif (tidak subjektif), dan harus dibuktikan secara logis serta valid bahwa masalah itu benar-benar sebuah atau suatu masalah. Agar logis dan valid, perlu dilakukan identifikasi pada masalah tersebut, dengan cara melandasi masalah penelitian dengan literatur-literatur yang terbaru.

Bentuk masalah penelitian bisa dinyatakan dalam bentuk kalimat pernyataan (research problem), kalimat pertanyaan (reasearch question) ataupun kalimat tujuan (research objective). Masalah dapat ditemukan dari Studi Literatur (Literature Study) berupa paper tentang Research Direction, Research Challenges, Research Trend dan State-of-the-Art dari Topik Penelitian serta Studi Lapangan (Field Study) berupa Data Statistik, Data Lapangan, Penelitian Pendahuluan, Kuesioner, dsb.

Berikut adalah tahapan-tahapan dalam penemuan masalah:
  1. Tentunkan bidang / field yang akan dijadikan penelitian. Image processing, data mining, software engineering, information retrival, computer vision, soft computing dan sebagainya.
  2. Tentukan tema / topik penelitian, dengan membaca Research Trend / Challenge on.
  3. Tentukan masalah penelitian berdasarkan bidang penelitian serta tema / topik penelitian yang telah ditentukan dengan cara mereview Paper, studi literatur, studi lapangan, serta technical paper.


Syarat Masalah Penelitian
  • Menarik, masalah yang diangkat harus memotivasi kita untuk melakukan penelitian dengan serius.
  • Bermanfaat, masalah yang diangkat bermanfaat bagi masyarakat dalam skala besar maupun kecil (sekolah, kampus, kelurahan, dll).
  • Hal yang baru, sebuah solusi yang baru yang lebih cepat, efektif serta murah bila dibandingkan dengan yang lainnya. Ataupun masalah yang diangkat dari sistem dan mekanisme yang sudah ada dengan perbaikan agar menjadi lebih baik.
  • Dapat diuji (diukur), masalah penelitian beserta seluruh variabelnya harus merupakan sesuatu yang dapat diuji dan diukur secara empiris. Untuk penelitian korelasi, hubungan antara beberapa variabel yang diteliti juga harus diuji secara ilmiah dengan parameter-parameter tertentu.
  • Dapat dilaksanakan, penelitian yang dipilih harus dapat dilaksanakan khususnya yang berkaitan dengan keahlian kecukupan waktu, ketersediaan data serta ketersediaan dana.
  • Merupakan masalah yang penting, jangan sampai melakukan penelitian terhadap suatu masalah yang tidaklah penting.
  • Tidak melanggar etika, sebuah penelitian harus dilakukan dengan kejujuran metodologi, prosedur harus dijelaskan kepada obyek penelitian, tidak melanggar privacy, publikasi harus dengan persetujuan obyek penelitian, tidak boleh melakukan penipuan dalam pengambilan data maupun pengolahan data. 


Sumber:

No comments:

Post a Comment