Sunday 5 April 2015

Metodologi Penelitian Teknik (Dani Tri Rahayu D03112057)

Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Teknik
Nama   : Dani Tri Rahayu
NIM    : D03112057

METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi penelian  adalah langkah-langkah yang ada dalam sebuah penelitian.
Dalm melakukan penelitian metodologi sangat di perlukan agar sebuah penelitian dapat mencapai keberhasilan secara sistematis, sehingga baik penulis maupun pembaca nantinya akan mudah untuk memahami hasil dari masalah yang telah di teliti.
Adapun manfaat atau hasil yang di dapat setelah melakukan penelitian adalah memudahkan untuk melakukan pemecahan suatu masalah serta membuka wawasan baru untuk para pembaca dan para pencari solusi atas suatu masalah.
Dengan melakukan penelitian maka akan di dapatkan hasil yang nanti nya akan membantu dalam mencari solusi yang terbaik untuk memecahkan suatu masalah.
Dalam melakukan penelitian sebaiknya perlu  memperhatikan tahapan-tahapan yang akan membantu dalam sebuah penelitian. Adapun tahapan-tahapan itu adalah sebagai berikut :
1.      Mengidentifikasi masalah
2.      Perumusan masalah
3.      Penelusuran pustaka
4.      Merancang penelitian
5.      Mengumpulkan data
6.      Melakukan pengolahan data
7.      Menarik kesimpulan
Melakukan penelitian adalah merupakan salah satu kegiatan untuk mengembangkan teknologi dan memperluas ilmu pengetahuan yang mempunyai tujuan untuk menciptakan ilmu pengetahuan yang baru dari suatu masalah yang telah terjadi.
Mengapa perlu di adakannya sebuah penelitian??
Penelitian sangat perlu atau bahkan penting dan harus di lakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang selalu berkembang dan selalu menginginkan sebuah penemuan baru yang mempunyai manfaat untuk kelangsungan kehidupan yang semakin berkembang.
Hasil penelitian yang di lakukan dalam bidang teknologi akan membuat para peneliti memiliki dorongan untuk melakukan penelitian dan mengembangkan hasil dari produk yang telah di teliti sebelum nya.
Karena rasa ingin taunya para peneliti terdorong untuk melakukan penelitian secara terus-menerus.
Dalam melakukan penelitian juga di perlukan adanya pendekatan informasi yang akurat untuk mendapatkan kebenaran, ada beberapa cara yang mungkin akan membantu dalam mencari sebuah kebenaran dalam melakukan penelitian.
1.      Pendekatan terhadap keyakinan/kepercayaan, misalnya kepercayaan yang di dasarkan pada wahyu yang di turun kan melalui kitab suci seperti misalnya Al-Qur’an yang merupakan kitab suci bagi umat islam.pendekatan ini sifatnya adalah mutlak dan tidak perlu di lakukan lagi penelitian ulang.
2.      Pendekatan yang di dapatkan melalui kejadian yang tidak di sengaja dan akal sehat yang dimiliki manusia. Pendekatan ini tidak bersifat ilmiah.
3.      Pendekatan yang di dasarkan pada pemikiran yang ilmiah, pendekatan ini di dasari dari sebuah penemuan-penemuan terdahulu yang di lakukan oleh para peneliti yang telah meneliti sebelumnya dan sesuai dengan prosedur penelitian yang berlaku untuk setiap penelitian.

Untuk mendapatkan sebuah penelitian seorang peneliti harus memiliki sarat-sarat sebagai berikut :
1.      Seorang peneliti harus memiliki rasa ingin tahu dan berfikir ilmiah dalam memenuhi kebutuhan penelitiannya.
2.      Seorang peneliti harus mempunyai sifat hati-hati dan kritis dalam berfikir untuk melakukan penelitiannya dan harus menyesuaikan dengan prosedur penelitian yang telah ada.
3.      Seorang peneliti harus mampu menyesuaikan atau mengimbangi antara kenyataan, ilmu pengetahuan, teori yang telah ada dan juga penalarannya sendiri.
4.      Seorang peneliti harus memiliki argument yang kuat atas apa yang ia teliti.

Ada beberapa metode yang terdapat dalam sebuah penelitian
1.      Mengujicoba, metode ini bertujuan untuk mrnguji apakah sampel-sampel yang ada mempunyai manfaat yang lebih efektif atau tidak.
2.      Menggambarkan, metode ini bertujuan untuk mencari ciri-ciri dari suatu kejadian.
3.      Pengujian, metode ini bertujuan untuk menguji apakah tujuan yang di harapkan telah tercapai dengan sempurna dan telah sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dari sebuah penelitian.
4.      Metode cerita lampau(historis), metode ini memiliki tujuan untuk mencari tahu kejadian-kejadian di masa lampau, yang akan di jadi kan sebagai bahan penelitian.

Sebaiknya sebuah penelitian di susun secara sistematik dan menggunakan prosedur penelitian yang benar,  sehingga nantinya akan lebih mudah mengumpulkan data-data dari hasil penelitian yang telah di lakukan.
Setelah melakukan penelitian maka akan di dapatkan hasil penelitian yang harus di bahas oleh pembuat penelitia, pada bagian hasil penelitian maka semua data-data yang di dapatkan akan tersusun secara rinci menjadi sebuah informasi yang sangat bermanfaat dan mempunyai makna. Akan lebih baik lagi apa bila pada akhir penelitian nantinya akan di cantumkan saran yang akan membuka peluang untuk para peneliti baru yang ingin mengembangkan hasil dari penelitian yang telah selesai dibuat, hal ini di tujukan agar ilmu pengetahuan tentang suatu masalah dapat terpecahkan dan memiliki dasar yang kuat dalam membuat argument kebenaran tentang pemecahan masalah yang telah melalui tahap-tahap penelitian yang sesuai dengan prosedur.
Dengan adanya saran yang membuka peluang kepada peneliti baru maka akan sanagat membantu para para peneliti untuk mengembangkan kasus yang telah di teliti sebelumnya.


Referensi : Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi oleh Zainal Hasibuan, 2007

No comments:

Post a Comment